Kesehatan Lingkungan Sekolah, Kesehatan Lingkungan Masyarakat,  Kesehatan Lingkungan Kerja, Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit, Kesehatan  Lingkungan Hidup, Kesehatan Lingkungan Pemukiman, Kesehatan Lingkungan  ppt, Kesehatan Lingkungan Industri, Kesehatan Lingkungan Puskesmas

Kesehatan Lingkungan Adalah Merupakan Ilmu Preventif

Jurusan Kesehatan lingkungan yang ada di Politeknik Kesehatan dulunya dikenal Akademi Penilik Kesehatan (APK), kemudian berubah menjadi Pendidikan Ahli Madia Sanitasi Kesehatan Lingkungan (PAM-SKL), lalu menjadi Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL), kini AKL melebur menjadi Politeknik Kesehatan menjadi sebuah jurusan tersendiri. Sejauh ini, memang masih ada masyarakat yang belum mengetahui jika AKL telah menjadi jurusan di Poltekkes. “Masyarakat sudah kenal duluan dengan APK.

Kesehatan lingkungan merupakan ilmu preventif. “Sebab upaya ilmu itu berusaha menciptakan supaya orang tidak sakit. Kesehatan lingkungan memiliki lingkup tersendiri. “Jadi konsepnya juga bagaimana agar orang sehat itu tetap sehat. Karena itu aplikasi kesehatan lingkungan tidak serat merta dirasakan masyarakat. “Karena terkait dengan penataan lingkungan, berupa pengelolaan sanitasi dasar, contohnya pengolahan limbah rumah tangga, penyediaan air bersih , dan pembuangan tinja, pengelolaan sampah, sanitasi makanan dan minuman dll. Dari beberapa contoh itulah, serta hal lain terintegrasi menjadi satu kesatuan, sehingga menciptakan lingkungan yang sehat. Kalau semua itu sehat, maka otomatis tidak sakit.
Sekilas Tentang Jurusan Kesling

Kesehatan Lingkungan Sekolah,   Kesehatan Lingkungan Masyarakat,  Kesehatan Lingkungan Kerja, Kesehatan   Lingkungan Rumah Sakit, Kesehatan  Lingkungan Hidup, Kesehatan   Lingkungan Pemukiman, Kesehatan Lingkungan  ppt, Kesehatan Lingkungan   Industri, Kesehatan Lingkungan Puskesmas


Untuk diketahui, saat ini jurusan kesehatan lingkungan Poltekkes Makassar memiliki dua Prodi, yaitu Prodi D III dan Prodi D IV. Karena program diploma, Poltekkes tentu tetap mengedepankan praktikum. Makanya, untuk jurusan kesehatan lingkungan pun mahasiswanya memiliki kegiatan praktikum. Begitupun saat akan menyusun tugas akhir. “Tempat prakteknya bisa di rumah sakit, puskesmas, bahkan hingga restoran dan hotel. Kampus yang berlokasi di Jalan Wijaya Kusuma I No. 2 Makassar ini memiliki beberapa laboratorium untuk tempat praktik mahasiswa. “Ada labor kimia, komputer, termasuk bengkel kerja.

Alumninya sudah bertebaran pada unit kerja, mulai puskesmas, Dinkes Kab./ Kota, Rumah Sakit, BTKL, Kesehatan Pelabuhan, Dinkes Provinsi, Dosen dll dan bahkan ada di PT. Inco.

by zaenab

No comments:

Post a Comment